Apa Perbedaan Antara SEO dan SEO YouTube?

  • Share

Anda mungkin berpikir bahwa apa yang baru saja kami jelaskan terdengar sangat mirip dengan optimasi mesin pencari (SEO).Dan Anda akan benar sekali. Dua konsep SEO YouTube dan SEO tradisional terkait erat.

Tetapi Anda harus menjauh dan menganggap YouTube sebagai sesuatu yang terpisah dari Google atau Bing.Secara teknis ini adalah mesin pencari, tetapi hanya untuk video, bukan konten biasa.

Dan itu berarti ia memiliki serangkaian praktik terbaik terpisah yang perlu dipelajari, diadopsi, dan diterapkan oleh pembuat video untuk mendapatkan hasil terbaik.Dengan melakukan ini, Anda akan lebih mudah muncul di hasil penelusuran di YouTube, yang menghasilkan arus lalu lintas yang lebih stabil dan jumlah penayangan video yang meningkat.

Masuk akal, bukan? Tapi itu tidak semua.Penting juga untuk diketahui bahwa Google sangat menekankan konten YouTube di hasil mesin pencari.

Tidak jauh, mengingat raksasa mesin pencari memiliki platform konten video utama.Dengan memastikan video Anda dioptimalkan dengan kata kunci, judul, dan deskripsi yang tepat, Anda juga dapat membantu mereka mendapat peringkat lebih tinggi di mesin telusur di luar YouTube.

Strategi SEO untuk YouTube semakin banyak digunakan oleh merek. Lagi pula, siapa yang tidak ingin berada di puncak hasil pencarian untuk platform video terbesar di web?

YouTube adalah fenomena internet. Dibuat pada tahun 2005, itu memenangkan begitu banyak pengguna sehingga menarik perhatian Google. Tidak butuh waktu lama untuk dibeli oleh perusahaan mesin pencari pada tahun 2006 dan menjadi raksasa.

Platform ini memainkan peran penting dalam mengubah video menjadi salah satu format konten utama, baik untuk konsumsi maupun untuk Pemasaran Digital.

Berkat itu, video menjadi dapat diakses: hari ini setiap orang—atau merek—dapat memublikasikan dan menonton banyak konten audiovisual di web.

Dan, dengan begitu banyak video di platform, YouTube terpaksa mengatur semua konten ini di mesin pencarinya.

Untuk mendapatkan pengalaman yang baik di platform, pengguna harus dapat dengan mudah menemukan video yang menarik. Oleh karena itu, platform membuat algoritme yang mampu memberi peringkat konten terbaik untuk setiap pencarian.

Karena itu, saluran saat ini memiliki tantangan: siapa pun yang menginginkan visibilitas lebih, harus menerapkan strategi untuk mengoptimalkan video agar tampil di posisi yang lebih baik.

Kami menyebut strategi ini SEO YouTube. Dan itulah yang akan kita bicarakan di artikel ini. Teruslah membaca untuk mempelajari segala sesuatu tentang subjek ini!

Apa itu SEO YouTube?

11 tips terbaik untuk SEO YouTube

Apa itu SEO YouTube?

Sebelum Anda mempelajari apa itu SEO YouTube, penting untuk mundur beberapa langkah dan memahami apa itu SEO.

Search Engine Optimization adalah serangkaian strategi untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna yang bertujuan untuk meningkatkan posisi halaman di mesin pencari.

Ini mencakup pemrograman, desain, produksi konten, dan hubungan dengan situs lain, sehingga mesin pencari menganggap halaman itu adalah hasil terbaik untuk apa yang dicari pengguna.

Tentu saja, ketika berbicara tentang SEO, yang Anda inginkan adalah mencapai posisi teratas Google Penelusuran. Bagaimanapun, raksasa internet ini mendominasi lebih dari 90% pencarian di seluruh dunia. Bing, Yahoo! dan Baidu adalah mesin pencari lain yang menyimpan sisa bagian itu.

 

Google memiliki misi: “untuk mengatur informasi dunia sehingga dapat diakses secara universal dan bermanfaat bagi semua orang”. Dengan kata lain, saat merayapi, mengindeks, dan memeringkat konten web, mesin pencari ingin pengguna menemukan hasil terbaik untuk pencarian mereka.

Untuk ini, Google telah mengembangkan algoritme cerdas yang mampu mengidentifikasi halaman yang menawarkan pengalaman yang baik. Ini juga menghilangkan orang-orang yang menggunakan spam, plagiarisme, atau praktik jahat lainnya dari hasil.

Karena itu, sekarang mari kita pahami apa itu SEO YouTube.

Mesin pencari ada di banyak tempat lain di internet. Ketika Anda mengakses sebuah situs web, misalnya, biasanya ada fitur pencarian di sana, yang menemukan konten internal. Di situs media sosial, ada juga mesin pencari internal.

Ini juga terjadi di YouTube, yang menawarkan sistem pencariannya sendiri sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan saluran dan video yang mereka cari.

Dan platform ini memiliki banyak bobot di antara pencari internet: studi 2017 ini menunjukkan bahwa YouTube memiliki jumlah pencarian yang lebih tinggi daripada Yahoo! dan Bing, misalnya.

Ingat, platform video dibeli oleh Google. Oleh karena itu, YouTube mengadopsi kecerdasan pencarian yang sama dengan mesin pencari dan memiliki tujuan yang sama: untuk menawarkan pengalaman pencarian terbaik kepada pengguna. Dalam video ini, YouTube sendiri memberikan penjelasan singkat tentang cara kerja algoritma pencariannya:

Saat pengguna mengetikkan istilah pencarian di YouTube, robot platform menjelajahi semua saluran dan video untuk memberikan hasil terbaik kepada pengguna dalam urutan relevansi. Dan, untuk menentukan hasil terbaik untuk setiap orang, algoritme mempertimbangkan beberapa faktor.

Riwayat penelusuran dan penjelajahan pengguna—sama seperti di Google—merupakan poin penting untuk menyesuaikan halaman hasil. Namun, bagi mereka yang mempublikasikan konten di YouTube, penting untuk mengetahui bahwa algoritme juga memiliki kriteria keterlibatan saluran dan pengoptimalan untuk menentukan peringkat hasil.

Misalnya: video yang mengisi kolom judul, tag, dan deskripsi dengan benar cenderung memiliki penempatan yang lebih baik daripada yang tidak.

Saluran YouTube yang cenderung menerima banyak komentar dan suka juga memposisikan dirinya lebih baik daripada yang tidak memiliki keterlibatan yang baik.

Mengapa ini terjadi? Karena platform memahami bahwa video ini memberikan pengalaman yang lebih berharga bagi pengguna.

Dan itulah yang dipahami oleh algoritme Google sendiri. Karena mesin pencari dan YouTube milik perusahaan yang sama, ada integrasi antara platform.

Jadi, ketika seseorang mencari di Google, mesin pencari juga menghadirkan korsel konten video, baik dari YouTube maupun platform lain, yang lebih relevan dengan pencarian itu.

Lihat contoh di bawah ini:

Oleh karena itu, optimasi SEO yang Anda buat untuk YouTube tidak hanya berlaku untuk pencarian di dalam platform, tetapi juga untuk bersaing memperebutkan ruang tersebut di pencarian Google.

11 tips terbaik untuk YouTube SEO

SEO YouTube bukanlah resep kue. Bahkan jika Anda mengikuti semua panduan, keputusan hasil apa yang akan muncul kepada pengguna bergantung pada algoritme platform, yang cukup rumit.

Ini mempertimbangkan banyak kriteria, aturan, dan perhitungan untuk menentukan peringkat, termasuk faktor-faktor yang tidak bergantung pada tindakan Anda—seperti navigasi pengguna.

Namun, semakin banyak Anda memperoleh poin dengan algoritme pencarian YouTube, semakin besar peluang Anda untuk mencapai posisi teratas.

Jadi, mari kita lihat beberapa kiat agar YouTube mendukung saluran dan video Anda di hasil penelusuran pengguna.

Baca terus!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *