Lakukan riset kata kunci terlebih dahulu

  • Share

Kata kunci sangat penting dalam SEO YouTube, serta untuk Google. Melalui mereka, platform mengidentifikasi subjek video, mengindeks konten dan mengaitkannya dengan pencarian pengguna.

Untuk ini, mereka harus ditambahkan ke bidang tertentu—judul, tag, dan deskripsi, misalnya, seperti yang akan kita lihat di bawah—saat mengunggah file video, sehingga YouTube dapat mengumpulkan informasi ini dan menggunakannya dalam pemeringkatan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui kata kunci mana yang paling tepat untuk mengidentifikasi video Anda dan, pada saat yang sama, memiliki potensi untuk menarik lebih banyak pemirsa ke saluran Anda.

Sekarang mari kita lihat beberapa tips untuk melakukan penelitian kata kunci berkualitas dengan fokus pada SEO YouTube. Itu dapat digunakan untuk mengisi bidang setelah Anda merekam video, tetapi juga untuk menemukan ide konten potensial untuk saluran Anda.

Pertama, Anda dapat menggunakan alat YouTube dasar: pelengkapan otomatis bilah pencarian.

Ini berfungsi untuk memudahkan pencarian pengguna berdasarkan istilah yang biasanya paling banyak dicari di jaringan.

Jadi ini juga dapat membantu pembuat konten: Anda dapat menemukan ide kata kunci baru yang sangat diminati di platform dan dengan demikian meningkatkan potensi penayangan video Anda.

Langkah lain dalam riset kata kunci adalah melakukan benchmark. Ya, pesaing Anda juga dapat membantu Anda!

Untuk melakukan ini, kunjungi saluran yang berwenang di niche Anda. Jika mereka memiliki pemirsa yang baik dan banyak penayangan, mereka mungkin mengadopsi praktik SEO yang baik untuk YouTube dan tahu cara menggunakan kata kunci. Kemudian, tinjau istilah apa yang mereka gunakan di video terpopuler mereka.

Untuk melakukan ini, saat Anda berada di saluran mereka, buka tab Video dan pilih opsi untuk mengurutkan berdasarkan video paling populer.

Dalam kasus saluran Konten Rock, misalnya, video yang muncul di bagian atas daftar adalah ini: “Pemasaran konten: membangun strategi – Konten dan Pemasaran“.

Anda sudah bisa membayangkan bahwa salah satu kata kunci utama dalam video ini adalah “Content Marketing“, bukan? Jika Anda ingin melihat lebih dekat, Anda juga dapat menemukan tag yang digunakan dalam video ini.

Namun, mereka tidak terlihat oleh pengguna. Untuk melakukan ini, Anda harus membuka kode sumber halaman video (dengan mengklik kanannya) dan mencari “kata kunci” di dalamnya.

Selain itu, Anda juga dapat menganalisis statistik saluran Anda. Dalam analisis sumber lalu lintas adalah istilah yang paling sering digunakan untuk menjangkau video Anda. Di sana, Anda dapat menemukan inspirasi untuk merekam konten baru atau memasukkan kata kunci dalam unggahan Anda.

Dalam studi kasus Mindvalley ini, Anda juga dapat melihat alat yang direkomendasikan perusahaan untuk mencari kata kunci:

Keywords Everywhere: ekstensi Google Chrome gratis untuk SEO yang menunjukkan perkiraan volume pencarian bulanan ke kotak pencarian Google dan YouTube.

Google Trends: alat Google gratis yang menunjukkan tren pencarian (mungkin hanya menampilkan pencarian di YouTube) dan berfungsi untuk mengidentifikasi topik hangat.

VidIQ: ekstensi Google Chrome gratis yang menambahkan bilah informasi ke video di YouTube.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *