6 Tren MarTech yang Harus Dicoba di 2022

  • Share

Teknologi pemasaran telah berkembang pesat selama bertahun-tahun, dan berkat perangkat lunak dan platform mutakhir, bisnis dapat mencapai tujuan pemasaran mereka lebih cepat dari sebelumnya sambil menghemat waktu dan uang.

Lebih dari sebelumnya, pemasaran digital didorong oleh kebutuhan dan keinginan konsumen.

Konsumen ingin merek memberikan pengalaman yang memanfaatkan teknologi baru segera setelah tersedia.

Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan dan pemasar untuk tetap mengikuti perkembangan MarTech dan kemajuan teknologi terbaru untuk tetap berada di atas harapan pelanggan yang ada dan pelanggan potensial untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik.

Gagal melakukannya dapat membuat Anda tertinggal di belakang pesaing Anda.

Jadi, mari kita mulai, ya? Berikut adalah enam tren MarTech yang ingin Anda pertimbangkan untuk dicoba saat Anda memasuki tahun 2022.

#1: Konten Interaktif
#2: Realitas Virtual
#3: Platform Rendah dan Tanpa Kode
#4: Akses Data dan Platform Data Pelanggan
#5: Platform Pemasaran Influencer
#6: Acara Hibrida
Penutup: Memperoleh Wawasan Dari Tren MarTech Ini

#1: Konten Interaktif

Pengalaman unik adalah suatu keharusan dalam lingkungan yang kompetitif saat ini, itulah sebabnya 81 persen pemasar melaporkan bahwa konten interaktif lebih baik daripada konten statis.

Konten interaktif terlihat. Itu menarik Anda dan tidak ingin membiarkan Anda pergi.

Infografis, kalkulator, dan video adalah alat yang sangat baik untuk menarik perhatian individu sejak awal dan menghasilkan prospek yang berkualitas.

Sebagai bagian dari strategi pemasaran konten secara keseluruhan, konten interaktif dapat memperkuat suara dan kehadiran merek Anda secara online.

Gagasannya adalah pada akhirnya meningkatkan pengalaman pengguna dengan menggunakan solusi yang menawarkan lebih dari sekadar informasi statis.

Penting untuk berhati-hati dalam memilih bentuk konten interaktif yang tepat untuk setiap tahap saluran penjualan, karena ini akan meningkatkan peluang untuk mengubah prospek menjadi pembeli.

Konten interaktif hadir dalam berbagai bentuk, termasuk:

Jajak pendapat dan survei
webinar
Ebook
Email
Game seluler
Aplikasi
diagram alur
Tes diagnostik
Alat pemecahan masalah
Media realitas tertambah
Video 360º interaktif

Saat membuat konten interaktif, pastikan Anda memiliki desain yang solid, memetakan kebutuhan pelanggan Anda, dan menjaga agar konten tetap dapat dibagikan. Ini akan meningkatkan tingkat keberhasilan Anda secara keseluruhan.

Meskipun terdaftar sebagai tren di sini, konten interaktif dengan cepat menjadi bahan pokok di industri MarTech dan Pemasaran Digital.

PANDUAN KONTEN INTERAKTIF

#2: Realitas Virtual

Realitas virtual bukanlah konsep baru, tetapi merupakan pemain baru di industri pemasaran.

Dan sejak awal, itu pasti meroket. Pasar realitas virtual ini diproyeksikan akan tumbuh hingga $209 miliar pada tahun 2022.

Ini tidak terduga, mengingat bagaimana dunia terbalik karena pandemi COVID-19 ketika hampir semuanya berubah menjadi digital dan “virtual”.

Menggunakan realitas virtual dalam pemasaran memungkinkan merek menjembatani kesenjangan antara tindakan dan pengalaman pengguna.

Ini adalah teknologi mutakhir yang berpotensi mengganggu perjalanan pelanggan dan segera mengubahnya menjadi pembeli.

Realitas virtual dapat digunakan untuk menawarkan pengalaman digital bagi pelanggan sebagai pengganti pengalaman fisik, mempromosikan layanan atau produk.

Bahkan dapat digunakan untuk menampilkan proses pengembangan atau memungkinkan konsumen untuk melihat bagaimana produk tertentu akan terlihat di rumah mereka sebelum melakukan pembelian.

Pada akhirnya, pemasaran realitas virtual membawa konsumen kepada Anda daripada Anda harus berusaha keras untuk memikat mereka kepada Anda.

#3: Platform Rendah dan Tanpa Kode

Meskipun Anda tidak perlu menjadi ahli TI dalam beberapa waktu untuk memberikan hasil, jumlah platform rendah dan tanpa kode yang tersedia di ujung jari Anda berlimpah — dan jumlah ini terus meningkat setiap tahun.

Pasar khusus ini diperkirakan akan mencapai lebih dari $21 miliar pada tahun 2022, dan 75% bisnis diharapkan menggunakan platform rendah dan tanpa kode.

Tidak heran jika itu membuat daftar tren MarTech teratas untuk dicoba pada tahun 2022!

Dengan alat ini, Anda dapat mengembangkan aplikasi teknis, seperti database, situs web, chatbot, dan aplikasi, tanpa pengetahuan pemrograman sebelumnya.

Dengan pemrograman semacam ini, hambatan teknis diturunkan. Selanjutnya, Anda mendapatkan peningkatan kecepatan pengiriman aplikasi, penurunan biaya, dan produktivitas yang lebih tinggi.

Ingatlah bahwa Anda dapat memperoleh hasil yang cepat dengan platform rendah dan tanpa kode, tetapi karena pemrograman yang kurang ekstensif, opsi personalisasi terbatas.

Platform rendah dan tanpa kode menciptakan peluang dan mengguncang segalanya, karena mereka memiliki kemampuan hemat biaya untuk membantu bisnis mendapatkan keunggulan yang lebih kompetitif.

#4: Akses Data dan Platform Data Pelanggan

Anda mungkin pernah mendengar: masa depan tanpa cookie. Tidak dalam rasa kue keping cokelat

e, tetapi dalam pengertian berbasis data konsumen pihak ketiga.

Setelah awal 2022, segera setelah Google menyelesaikan penghentiannya, tidak akan ada lagi data konsumen pihak ketiga yang tersedia untuk bisnis.

Peramban lain, seperti Firefox dan Safari, telah mengambil tindakan untuk menghapus pelacakan kuki pihak ketiga.

Tanpa cookie, akan jauh lebih sulit untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku konsumen. Namun, bukan berarti tidak mungkin.

Sebaliknya, bisnis hanya perlu mencari strategi baru untuk mendapatkan data konsumen, yang berarti menemukan cara untuk menjangkau pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan.

Platform Data Pelanggan akan digunakan lebih sering dan strategis untuk menciptakan tampilan pelanggan.

Ini bisa sangat bermanfaat dalam memperoleh data dan membuat profil unik untuk pelanggan individu dalam satu database.

Karena tidak akan ada cookie pihak ketiga yang digunakan untuk meminta izin pelanggan atas informasi mereka, akan ada masalah privasi untuk penggunaan CDP pada tahun 2022 dan seterusnya.

Namun, lebih sering daripada tidak, data yang digunakan dalam CDP adalah nol atau data pihak pertama, seperti buletin, jajak pendapat, survei, email tindak lanjut, dll.

Panduan Bertahan Hidup ke Dunia Tanpa Cookie

#5: Platform Pemasaran Influencer

Membawa influencer sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda secara keseluruhan dapat membantu merek Anda menjangkau audiens yang tidak akan pernah Anda jangkau.

Ini mungkin mengapa 65% bisnis memiliki niat untuk meningkatkan bagian dari anggaran mereka ke depan dan mengapa pasar diperkirakan akan mencapai $15 miliar pada tahun 2022.

Sayangnya, ini adalah proses yang memakan waktu.

Agar pemasaran influencer efektif, Anda harus menemukan influencer relevan yang memiliki jumlah pengikut minimum, menghubungi mereka melalui DM atau email satu per satu, menegosiasikan persyaratan/tarif kesepakatan, dan kemudian melacak hasil secara individual per influencer.

Meskipun manfaatnya ada, beberapa bisnis tidak ingin mengacaukannya.

Untungnya, ada sejumlah platform pemasaran influencer yang memasuki pasar untuk meringankan beban Anda.

Platform ini memudahkan untuk menemukan influencer yang akan bekerja untuk merek Anda dan menghubungi mereka.

#6: Acara Hibrida

Ketika pandemi COVID-19 pada dasarnya menutup segala sesuatu mulai dari pertunjukan langsung hingga pertunjukan kerajinan, orang-orang hancur. Banyak bisnis mengalami pukulan dan kerugian besar.

Meskipun perusahaan perlahan pulih dan acara besar mulai diizinkan lagi, faktanya tetap: tidak akan ada yang sama lagi.

Salah satunya, beberapa konsumen masih merasa tidak nyaman berada di keramaian. Ada kemungkinan besar keraguan ini akan berlanjut untuk beberapa waktu, jika tidak selamanya.

Jadi, sebagai bisnis, bagaimana Anda menanggapinya? Bagaimana Anda menjaga bisnis Anda tetap bertahan? Bagaimana Anda melayani kedua jenis konsumen: yang ingin tetap di rumah dan yang ingin menghadiri acara yang diselenggarakan (sambil tetap aman)?

Acara hibrida.

Ingatlah bahwa acara gabungan tidak hanya berarti mengalirkan presentasi ke seseorang di rumah.

Acara hibrida adalah di mana peserta online menerima pengalaman yang sama dengan peserta langsung, yang berarti mereka mendapatkan interaktivitas yang sama, peluang jaringan, dll.

Membuat acara hybrid akan membantu Anda memenuhi kebutuhan semua pelanggan yang ada dan calon pelanggan Anda.

Inilah tepatnya yang dilakukan oleh Meeting Professionals International dengan WEC Grapevine ketika acara tatap muka diizinkan untuk kembali tahun lalu.

Ada dua acara yang secara bersamaan direncanakan dan dieksekusi dengan sempurna. Ada 700 orang yang menghadiri acara secara langsung dan 1.000 orang yang menghadiri acara tersebut secara virtual.

Secara keseluruhan, acara ini sukses besar, memberikan semua orang pengalaman yang aman dan luar biasa.

Tentu saja ada tantangan untuk merencanakan acara yang disiarkan langsung di rumah dan secara langsung.

Namun, acara gabungan seperti ini memastikan semua orang pergi dengan perasaan puas sekaligus memberikan jangkauan audiens yang lebih luas kepada merek, meningkatkan ROI, dan wawasan data yang lebih dalam.

Penting untuk mengelola ekspektasi sejak awal dan memilih untuk bekerja dengan penyedia platform yang tepat sehingga audiens virtual dan langsung menerima pengalaman yang menarik dan mendalam.

Penutup: Memperoleh Wawasan Dari Tren MarTech Ini

Tren MarTech adalah fokus utama untuk bisnis pada tahun 2022, karena pertumbuhan bisnis akan menjadi prioritas di tahun baru dan alat pemasaran yang canggih dapat membantu mencapai tujuan ini.

Tak lama, segala upaya terkait pemasaran akan bergantung pada solusi MarTech. Sayangnya, tidak cukup bisnis yang akrab dengan sumber daya ini atau bagaimana menerapkannya dengan benar untuk mewujudkan kesuksesan.

Kabar baiknya adalah bahwa itu tidak sesulit yang dipikirkan orang.

Saat Anda memulai tahun baru dan ingin membawa bisnis Anda ke tingkat pertumbuhan dan kesuksesan baru, pertimbangkan untuk menerapkan strategi pemasaran baru.

Lihat Paket Perencanaan Pemasaran 2022 gratis ini yang akan membantu Anda mulai merencanakan tahun terbaik Anda!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *