Taktik SEO FinTech untuk Meningkatkan Traffic dan Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan

  • Share

FinTech SEO adalah cara untuk meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda dan membuat merek Anda lebih dapat dipercaya.

Sebagai penyedia FinTech, Anda harus menyelesaikan masalah keuangan dengan solusi teknologi pintar.

Baik merampingkan, menambah, mendigitalkan, atau mengganggu layanan keuangan yang lebih tradisional, Anda hanya sama menguntungkannya dengan jumlah pelanggan yang dapat menemukan Anda dan berkonversi.

Dengan kemajuan dan kemampuan FinTech saat ini, pelanggan memiliki lebih banyak pilihan untuk dipilih daripada sebelumnya.

Anda harus mendapatkannya terlebih dahulu, dan Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian organik.

Tetapi Anda akan membutuhkan strategi, termasuk taktik untuk membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan.

Berikut panduan SEO FinTech lengkap untuk membantu Anda.

Apa sebenarnya SEO itu?

SEO adalah teknik pemasaran masuk yang memanfaatkan serangkaian strategi dan taktik untuk mengoptimalkan situs web, halaman web, dan blog Anda.

Tujuan pengoptimalan ini adalah untuk menampilkan konten Anda di hadapan calon pelanggan dengan meningkatkan tempat Anda muncul di hasil penelusuran organik.

Saat pengguna memasukkan kueri ke mesin pencari, Anda ingin konten Anda mendapat peringkat tinggi dalam hasil, sehingga mereka dapat menemukan Anda dan apa yang Anda tawarkan.

Jika tidak, calon pelanggan mungkin bahkan tidak mengetahui keberadaan produk FinTech Anda atau apa manfaatnya bagi mereka.

Sementara SEO sangat berharga di semua industri saat ini, FinTech membutuhkan fokus ekstra dalam hal bagaimana menentukan peringkat di halaman pencarian Google.

Hal ini sebagian disebabkan oleh peraturan hukum dan pemerintah dan sebagian karena tingkat persaingan di bidang jasa keuangan secara keseluruhan.

Bagaimana SEO Membantu FinTech?

Strategi pemasaran digital Anda lebih dari sekadar konten; ini tentang cara menampilkan konten yang tepat di depan audiens yang Anda targetkan dan mengarahkan mereka melalui saluran penjualan.

Jika Anda masih belum yakin dengan kekuatan SEO, berikut adalah beberapa cara FinTech Anda bisa mendapatkan keuntungan.

SEO membawa Anda ke audiens yang tepat pada titik yang tepat mereka membutuhkan Anda

Sebagian besar permintaan mesin pencari dimasukkan pada titik di mana pengguna mencari informasi dan kemungkinan besar pada titik siap untuk membeli.

Ini dikenal sebagai tahap keputusan perjalanan pembeli.

Dengan kata lain, mereka sudah mencari apa yang Anda tawarkan. Anda ingin mereka dapat menemukan Anda dengan cepat, di depan pesaing Anda.

Ini mengharuskan Anda peringkat lebih tinggi pada halaman hasil pencarian.

Dengan menggunakan SEO dengan konten Anda, Anda menjawab pertanyaan penting yang dimiliki pelanggan dan menempatkan diri Anda di garis depan dalam proses keputusan pembelian mereka.

SEO dapat membantu membangun kepercayaan

Sektor jasa keuangan melibatkan akses ke data sensitif dan informasi keuangan pelanggan.

Untuk alasan ini, mereka perlu tahu bahwa mereka dapat mempercayai Anda sekarang dan di masa depan.

Anda dapat menunjukkan dan membangun kepercayaan dengan menyediakan konten berkualitas yang dioptimalkan untuk SEO secara teratur. Bangun merek Anda sebagai sumber tepercaya yang dapat diandalkan semua pelanggan.

SEO akan menciptakan lalu lintas yang kembali dan prospek potensial

Strategi SEO yang solid hari ini akan membuahkan hasil dengan menciptakan lalu lintas yang kembali.

Ini juga kemungkinan besar akan memberi Anda lebih banyak prospek potensial.

Mesin pencari mengindeks konten FinTech berkualitas Anda untuk jangka panjang, membawa pelanggan kembali ke situs Anda dan menjangkau yang baru juga di masa mendatang.

SEO mengarah pada kolaborasi

Ketika dilakukan dengan benar, SEO dapat membantu membuka pintu untuk kolaborasi dengan orang lain, seperti media, publikasi keuangan, dan blogger keuangan.

Kolaborasi ini kemudian dapat menghasilkan lebih banyak eksposur, seperti wawancara, permintaan blog tamu, dan backlink berkualitas yang sangat penting.

Apa Taktik SEO FinTech Terbaik?

Idealnya, Anda ingin memenuhi algoritma mesin pencari untuk memposisikan lebih tinggi di halaman hasil pencarian. Namun, dengan meningkatnya persaingan di bidang FinTech, Anda akan membutuhkan strategi SEO yang berhasil.

Berikut adalah taktik SEO penting untuk memajukan FinTech Anda sebagai pilihan optimal bagi pelanggan:

1. Tetapkan Tujuan SEO

Sebelum terjun, mulailah dengan merencanakan pendekatan Anda dan mengembangkan daftar tujuan SEO. Ini dapat membantu memandu Anda saat Anda bergerak maju.

Tentukan apa yang ingin Anda capai, dan identifikasi tujuan spesifik untuk membantu Anda mencapainya.

Lakukan riset, termasuk apa yang sudah dilakukan pesaing Anda. Juga, pahami audiens yang Anda targetkan dengan membuat persona pembeli.

Misalnya, jika Anda tahu bahwa Milenial sangat tertarik pada FinTech (yang sebenarnya), kenali alasannya dan ciptakan persona pembeli berdasarkan apa yang Anda temukan.

Banyak Milenial cenderung tidak mempercayai lembaga keuangan tradisional dan menginginkan layanan cepat dan instan yang dapat terjadi dengan sedikit usaha.

2. Lakukan Riset Kata Kunci yang Menyeluruh

Salah satu taktik terpenting untuk FinTech SEO adalah melakukan banyak upaya dalam penelitian kata kunci Anda. Anda perlu melakukan ini dengan benar.

Ini akan membantu jika Anda selalu mengingat apa maksud pencarian bagi mereka yang memasukkan kueri. Apa yang mereka cari, dan bagaimana mereka bertanya?

Jenis informasi ini dapat membantu memandu Anda ke kata kunci ekor panjang yang paling sering dimasukkan dengan kuerinya.

Meskipun FinTech sudah menjadi bidang yang kompetitif, dalam hal permintaan pencarian dan peringkat, Anda juga akan bersaing dengan situs web dan blog nasihat keuangan.

Jadi, selain kata kunci khusus untuk FinTech, tentukan kata kunci keuangan umum dan tentukan cara terbaik untuk memasukkan beberapa atau semuanya ke dalam strategi SEO Anda.

Misalnya, beberapa kata kunci keuangan umum yang digunakan di seluruh industri termasuk tingkat hipotek, aplikasi pinjaman, templat surat promes, kalkulator laba saham, braket pajak, dan skor kredit.

Pastikan Anda selalu menghindari isian kata kunci, yang jika ditemukan oleh mesin pencari, akan membawa hukuman dan menyebabkan efektivitas SEO yang lebih rendah.

3. Kembangkan Konten Berkualitas Baik

Pelanggan FinTech adalah unik karena mereka tahu apa yang mereka cari, jika tidak secara spesifik, setidaknya secara umum. Konten Anda perlu mencerminkan hal ini.

Investasikan pada penulis, editor, dan ahli strategi pemasaran konten yang baik.

Gunakan kata kunci pilihan Anda secara kreatif dan biarkan mereka memandu Anda tentang topik yang perlu Anda bahas dalam konten Anda.

Juga, sering memposting konten yang bagus jika Anda ingin peringkat lebih tinggi untuk kata kunci yang lebih kompetitif.

Taktik tambahan hari ini adalah untuk memvariasikan jenis konten yang Anda berikan.

Ketika datang ke FinTech, kompleksitas sering terlibat. Menemukan lebih banyak cara untuk berbagi informasi dengan cara yang berhubungan dengan pelanggan, maka, sangat penting.

Coba gabungkan posting blog dan artikel Anda dengan satu atau beberapa hal berikut:

Video

Gambar-gambar

Infografis

Konten interaktif (misalnya, kalkulator atau kuis)

Gunakan ini untuk menarik perhatian pembaca dan menyajikan informasi dengan cara yang berbeda.

Semakin banyak audiens Anda memahami apa yang Anda tawarkan dan bagaimana hal itu dapat memecahkan masalah, masalah, atau kebutuhan mereka, semakin baik.

4. Buat Pembuatan Tautan Berkualitas

Pembuatan tautan sangat penting untuk strategi SEO Anda.

Untuk menetapkan situs web Anda sebagai sumber daya yang tepercaya, berwibawa, dan ahli, hasilkan jenis konten yang menarik situs web berkualitas tinggi untuk ditautkan kembali.

Ini bisa apa saja dari blogger keuangan populer hingga majalah Forbes.

Juga, tautkan ke sumber tepercaya di posting blog Anda sendiri untuk menunjukkan otoritas juga.

Tautan berkualitas ini membantu menjadikan Anda sebagai sumber informasi yang andal dan, pada gilirannya, menunjukkan bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Pembuatan tautan berkualitas sangat berharga untuk menarik lalu lintas organik dan meningkatkan SEO Anda lebih tinggi lagi.

5. Membangun Kehadiran Sosial

Pemasaran media sosial terus berkembang, dan perusahaan FinTech Anda membutuhkan kehadiran sosial untuk melengkapi strategi SEO Anda.

Pemasaran media sosial dan SEO bekerja sama dengan baik.

Pertama, pilih platform media sosial untuk fokus. Pahami manfaat masing-masing dan metode terbaik untuk mencapai tujuan Anda.

Keterlibatan di media sosial dapat menghasilkan lalu lintas tambahan ke situs web Anda, dan ini, pada gilirannya, akan meningkatkan peringkat mesin pencari.

Mempertahankan kehadiran sosial juga membantu meningkatkan kesadaran merek.

6. Jadikan Situs Web Anda SEO-Friendly

Situs web Anda dapat membuat atau menghancurkan Anda dalam hal memperoleh bisnis online baru. Karena itu, manfaatkan SEO sebagai bagian penting dari rencana dan pemeliharaan situs web Anda.

Langkah-langkah yang ingin Anda ambil untuk membuat situs web Anda lebih SEO-friendly adalah sebagai berikut:

Menambahkan judul, heading, sub-judul, dan meta-deskripsi yang kaya kata kunci dalam konten halaman web.

Memaksimalkan kecepatan pemuatan halaman.

Menyisipkan teks tersembunyi yang diizinkan, seperti tag alt pada gambar dan video.

Merancang halaman agar mudah dibaca di perangkat seluler.

Memastikan Anda memiliki semua sertifikat keamanan situs web yang sesuai.

PAHAMI BAGAIMANA KECEPATAN SITUS WEB DAPAT MEMPENGARUHI PENJUALAN ANDA

Ingatlah bahwa FinTech juga melibatkan persyaratan hukum dan peraturan pemerintah yang harus dipatuhi, dan ini harus menjadi yang terdepan dalam keseluruhan strategi pemasaran digital FinTech Anda.

Satu catatan terakhir di situs web Anda adalah untuk mematuhi pedoman ketat yang diberlakukan Google pada industri tertentu, termasuk di bidang keuangan.

Pedoman ini melihat keahlian, otoritas, dan kepercayaan yang disampaikan di seluruh konten utama situs web Anda.

Untuk membantu dalam hal ini, selalu perhatikan halaman Tentang, Manajemen, dan Kontak Anda.

Juga, perbarui situs web Anda, termasuk tanggal hak cipta, halaman kebijakan privasi, dan pengungkapan hukum yang diperlukan.

Tanpa ini, tinjauan manual Google dapat memberikan hukuman kepada Anda, menganggap situs Anda tidak dapat dipercaya.

7. Tingkatkan Diri Anda ke Peran Pemimpin Pemikiran

Di bidang seperti Teknologi Finansial, otoritas adalah kunci untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas.

Karena FinTech masih merupakan pasar yang sedang berkembang, finding cara untuk mengangkat diri Anda sebagai otoritas atau pemimpin pemikiran di lapangan dapat meningkatkan hasil SEO Anda.

Pertimbangkan apa yang dapat Anda tawarkan yang berbeda dalam beberapa hal dari orang lain yang sudah ada di luar sana. Cara unik apa yang dapat Anda sumbangkan di lapangan?

Menurut definisi, pemimpin pemikiran adalah penentu tren, bukan pengikut tren.

8. Pantau Konten dan Tetap Perbarui

Meskipun konten mungkin masih menjadi raja, konten segar melangkah lebih jauh.

Mengapa konten Anda tetap segar dan mutakhir?

Salah satu alasan penting adalah bahwa faktor algoritma mesin pencari Google dalam konten segar dalam peringkatnya.

Kedua, topik keuangan seringkali perlu diperbarui untuk mengikuti perubahan yang terjadi di bidang ini.

Para pencari informasi ingin mengetahui apa yang tersedia sekarang. Misalnya, berapa harga rumah rata-rata sekarang, bukan setahun yang lalu.

Data waktu nyata dan konten baru adalah cara untuk meningkatkan SEO.

Untuk konten Anda yang lebih umum, yang dianggap sebagai ruang lingkup yang selalu hijau, setidaknya tinjau setiap enam bulan atau lebih dan buat beberapa perubahan kecil.

9. Analisis Kinerja SEO Secara Berkala dan Lakukan Penyesuaian

Terus pantau kinerja SEO Anda dan buat penyesuaian yang diperlukan sesuai kebutuhan.

Jika beberapa hal tidak berjalan sebaik yang Anda kira, ubahlah.

Carilah kemajuan dalam industri itu sendiri. Kata atau frasa baru mungkin perlu dimasukkan ke dalam strategi kata kunci Anda untuk meningkatkan kinerja SEO Anda.

Selalu berusaha untuk tetap gesit dalam pendekatan Anda dan temukan cara untuk menggunakan taktik SEO untuk meningkatkan lalu lintas organik dan meningkatkan tingkat konversi.

10. Fokus pada B2B Daripada Pelanggan B2C

Taktik terakhir yang dapat digunakan beberapa FinTech dalam strategi SEO mereka adalah memfokuskan upaya mereka pada B2B daripada pelanggan B2C.

Alasan untuk ini adalah bahwa persaingan menyempit ketika Anda memasarkan ke bisnis lain, bukan ke konsumen.

Jumlah konten yang tersedia lebih sedikit, dan Anda dapat mencapai peringkat hasil pencarian yang lebih tinggi dengan lebih cepat.

Selesai: Apakah FinTech Anda Menggunakan SEO untuk Meningkatkan Traffic dan Memenangkan Lebih Banyak Pelanggan?

Strategi SEO FinTech yang terencana dengan baik dapat membuat dampak besar pada lalu lintas organik ke situs web Anda dan meningkatkan tingkat konversi Anda secara keseluruhan.

Memahami persis bagaimana SEO bekerja dikombinasikan dengan cara terbaik untuk menerapkannya adalah cara untuk memindahkan merek FinTech Anda di depan pesaing.

Ini juga akan membuat Anda diperhatikan oleh mereka yang mencari solusi teknologi yang layak untuk kebutuhan keuangan mereka.

Selangkah lebih maju dan temukan cara untuk memperkuat strategi pemasaran Anda melalui teknologi dengan menonton webinar rekaman penuh informasi ini bersama Scott Brinker, VP Platform Ecosystem di HubSpot!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *