8 Tips Cara Menjual Produk Kompleks

  • Share

Mari kita hadapi itu, tidak semua produk mudah. Faktanya, beberapa benar-benar rumit dan sangat spesifik untuk ceruk tertentu, yang mempersulit banyak tim penjualan untuk mempromosikan dan menutup kesepakatan.

Meskipun mungkin tampak seperti ini hampir mustahil untuk mencapai target tertentu, kenyataannya adalah bahwa segala sesuatu dapat dipasarkan, jika Anda tahu cara yang tepat untuk mendekati prosesnya.

Untuk memberi Anda ide yang lebih baik tentang cara menyesuaikan panggilan penjualan dan melatih perwakilan Anda, kami telah menyusun panduan ini dengan detail tentang cara terbaik untuk meningkatkan penjualan B2B Anda.

Berikut adalah delapan tips tentang cara menjual produk yang kompleks!

1. Tunjukkan Nilai Anda
2. Gunakan Data dan Testimonial
3. Memahami Lapisan Keputusan
4. Ketahui Kebutuhan Target Pasar Anda
5. Menawarkan Sumber Daya Edukasi Produk
6. Posisikan Diri Anda Di Atas Kompetisi
7. Gunakan Riset untuk Keuntungan Anda
8. Selalu Fokus Memiliki Solusi Terbaik

1. Tunjukkan Nilai Anda

Anda sudah tahu bahwa penjualan tidak berarti hanya muncul dan secara otomatis mengharapkan prospek untuk percaya bahwa produk Anda adalah yang terbaik di pasar.

Faktanya, kebenaran biasanya justru sebaliknya. Mereka ingin Anda menjelaskan mengapa mereka harus membeli dari Anda alih-alih dari pesaing.

Karena itu, jika Anda akan menjual produk yang kompleks, salah satu aspek terpenting dari promosi penjualan Anda adalah nilai.

Selalu tunjukkan bahwa apa yang mereka belanjakan bernilai setiap sen, apakah itu fitur yang memecahkan masalah yang berbeda atau skenario umum di mana produk Anda adalah yang terbaik untuk uang mereka.

Dengan melakukan ini, Anda akan sangat sulit bagi mereka untuk mengatakan tidak.
2. Gunakan Data dan Testimonial

Data dan testimonial lebih dari sekadar konten yang tidak jelas. Mereka membantu menjual produk Anda dengan cara yang membuktikan bahwa penawaran Anda adalah solusi terbaik.

Itu berarti Anda ingin memasukkannya ke dalam setiap promosi penjualan dan materi pemasaran yang Anda bagikan.

Namun, jangan hanya menggunakan yang mengatakan produk Anda bagus dan tidak benar-benar mendukung klaim tersebut. Pastikan Anda benar-benar memproyeksikan testimonial yang menjelaskan bagaimana atau mengapa klien menemukan nilai dalam produk Anda.

Kemudian gunakan data yang tersedia untuk menunjukkan alasannya, seperti peningkatan penjualan, produktivitas yang lebih baik, dll. Jika memungkinkan, buat studi kasus untuk menyatukan semua informasi penting ini.
3. Memahami Lapisan Keputusan

Aspek penting lainnya dalam mempelajari cara menjual produk yang kompleks adalah memahami lapisan keputusan.

Artinya, orang yang Anda tuju mungkin bukan orang yang akhirnya menggunakan produk Anda dan menyesuaikan pesan pemasaran Anda dengan orang yang Anda ajak bicara saat ini.

Misalnya, produk Anda mungkin sesuatu yang digunakan tim teknologi setiap hari. Tetapi orang yang menulis cek dan menandatangani kontrak adalah wakil presiden yang tidak tahu bagaimana apa yang Anda jual berguna bagi tim mereka.

Dalam hal ini, Anda ingin memiliki materi pemasaran yang ditujukan untuk pengguna akhir dan pembuat keputusan.
4. Ketahui Kebutuhan Target Pasar Anda

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi sangat penting untuk mengetahui kebutuhan target pasar Anda. Dan kami tidak hanya berbicara tentang area di mana penawaran produk Anda memecahkan masalah ini.

Maksud kami semua yang mereka hadapi dan masalah umum yang terkait dengan industri mereka.

Semakin rumit Anda dalam memahami apa yang mereka alami pada waktu tertentu, semakin baik Anda akan tahu kapan harus mencoba melemparnya ke mereka.

Butuh contoh?

Katakanlah perusahaan Anda membuat mesin untuk perusahaan manufaktur yang mencapai produksi puncaknya pada bulan Oktober.

Selama waktu itu, tim mereka terlalu sibuk untuk berpikir membuat perubahan besar. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat menyesuaikan untuk mengatur pertemuan penjualan beberapa bulan sebelum atau setelah level mereka melambat.
5. Menawarkan Sumber Daya Edukasi Produk

Pendidikan produk adalah cara yang bagus untuk berdiri di atas kerumunan ketika bekerja untuk menjual produk yang kompleks.

Sederhananya, semakin banyak informasi yang dapat Anda berikan, semakin besar peluang perusahaan tersebut bersedia membeli dari Anda.

Pastikan situs web Anda memiliki banyak unduhan brosur, video tutorial, dan jenis konten lain apa pun yang diperlukan untuk mengetahui cara kerja produk Anda secara lebih efektif. Semakin deskriptif Anda, semakin baik. Tidak akan berlebihan untuk berkonsultasi dengan spesialis penulis esai untuk penulisan konten yang kompeten.
6. Posisikan Diri Anda Di Atas Kompetisi

Saat Anda bekerja dengan produk yang kompleks, ada kemungkinan besar prospek Anda akan memunculkan persaingan.

Jika itu terjadi, bersiaplah untuk memposisikan diri Anda di atas kompetisi. Apa artinya ini adalah mampu secara akurat dan fasih menyampaikan alasan utama mengapa Anda lebih baik daripada mereka dan bagaimana produk Anda lebih cocok dalam jangka panjang.Untuk mencapai ini, bagaimanapun, Anda perlu tahu lebih banyak tentang siapa yang Anda lawan dan apa yang membuat mereka menjadi ancaman di niche Anda.Luangkan waktu untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang penawaran produk yang sebanding atau apakah ada yang mendekati.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *